5/03/2012

Obat Stress: Yoga dan Meditasi


Saat ini saya sedang tergila-gila dengan Ashtanga Yoga. Walau pun harus menjalani pegel linu ngga karuan keesokan harinya, tapi saya tetap melakukan Ashtanga Yoga. Suami pun memberikan semangat dengan mengatakan " Woww...you're going to gain some muscle there!" saya pun excited mendengarnya. Hahaha...
Sampai-sampai saat saya bosan dirumah, saya akan melakukan yoga dirumah, yahh sendiri saja. It's fun kok kalau dilakukan sendiri. Apalagi Ashtanga Yoga, jauh-jauh saya menyetir ke studio, sampai sana pun saya yoga sendiri! Well...my teacher will not lead the class, but he will walk around the classroom helping everybody with their own yoga moves.

Sejauh ini Alhamdullilah saya terbebas dari stress atau depresi. Yoga membantu saya untuk selalu fokus demi mendapatkan gerakan yang perfect. Dari situ pula jiwa dan pikiran kita di minta untuk tenang sejenak dan fokus. Ashtanga Yoga merupakan salah satu yoga yang agak extreme, badan, jiwa, dan pikiran kita harus selalu menyatu. Kalau tidak waaahhhh jangan harap bisa melakukan gerakan yang indah seperti yang kita inginkan!

Selain yoga, meditasi juga membantu menjauhkan saya dari berbagai macam stress dan teman-temannya itu. Apabila kepala sudah mulai terasa nyut-nyutan, pusing, dan merasa berat, saya akan duduk bersila ditempat yang tenang (didalam rumah) dan berdiam diri selama beberapa menit hingga hati dan pikiran tenang kembali. Meditasi bisa dilakukan siapa saja dan dimana saja kok! Kadang-kadang manusia butuh kesendirian, dimana kesendirian itu akan membantunya untuk menentukan pilihan hidupnya, misalnya; atau menenangkan hati dan pikirannya. Kalau dipikir, saat kita melakukan yoga pun itu sudah termasuk bermeditasi, lho! Menurut saya karena saat yoga hati, jiwa, dan pikiran kita harus tenang, harus lurus, dan fokus. Nampaknya yoga dan meditasi sudah menjadi bagian hidup saya. Rasanya ada yang kurang apabila saya tidak melakukan yoga dan meditasi walaupun satu hari saja. What a lifeeee!!!  

No comments: